WANIPEDES

Dinilai Sudutkan Penyelenggara Pemilu dan Aparat, Warga Banyuwangi Laporkan Hasto ke Polisi


Banyuwangi - Sejumlah warga yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Peduli Demokrasi melaporkan Sekjen PDIP Hasto Kristianto ke Polresta Banyuwangi, Kamis (21/3). 

Pelaporan ini buntut video bersisi ucapan Hasto yang meragukan netralitas penyelenggara pemilu dalam pemilu 2024 kemarin. 

Dalam laporan itu, warga menuding bahwa ucapan Hasto itu mengandung unsur kebohongan. 

"Kami berharap Hasto bisa membuktikan pernyataannya terkait deligitimasi KPU dan Bawaslu yang dinilai tak netral. Video pernyataan ini viral di media sosial,” kata Koordinator Aliansi Masyarakat Peduli Demokrasi, Moh. Saiful Rizal. 

Ada empat hal yang menjadi materi pelaporan. Menurut mereka ucapan Hasto yang menyudutkan KPU dan Bawaslu itu hanya penggiringan opini. 

Tak hanya penyelenggara Pemilu dalam video yang beredar Hasto juga menuding keberpihakan aparat TNI Polri. Rizal pun menuntut Hasto bisa membuktikan ucapannya. 

“Kami berharap, aparat penegak hukum bisa bertindak dengan laporan ini. Video pernyataan Hasto ini memicu kegaduhan,” tegasnya. 

Dalam laporannya, warga melampirkan sejumlah barang bukti. Diantaranya, tangkapan layar pernyataan Hasto yang sedang melakukan sebuah wawancara. Ada juga, link video yang beredar luas di jejaring media sosial. 

“Kami juga lampirkan data pendukung lainnya,” tandasnya.  (Putri & Boby)

Post a Comment for "Dinilai Sudutkan Penyelenggara Pemilu dan Aparat, Warga Banyuwangi Laporkan Hasto ke Polisi"