WANIPEDES

Grogol Bersholawat Warnai semarak Tradisi Gebyar Bersih Desa


Banyuwangi,_
Tradisi Gebyar Bersih Desa merupakan kegiatan tahunan bagi warga Desa Grogol-Kec.Giri yang di laksanakan secara turun temurun sebagai peninggalan budaya leluhurnya.kearifan lokal yang terus di lestarikan ini selalu mendapatkan apresiasi dari semua lapisan masyarakatnya.

momentum kebersamaan ini adalah salah satu perwujudan mengintropeksi diri dalam melakukan transformasi ke arah kondisi yang lebih baik.Karenanya wajarlah jika pada setiap gelaran gebyar bersih desa Grogol selalu di sambut dengan penuh kegembiraan dan antusias warganya.Bersih Desa ini,dipercaya mampu mempererat ikatan persaudaraan antara mereka. keistimewaan lain yang tersirat di dalamnya adalah  sebagai rasa syukur kepada Tuhan yang maha esa atas limpahan rahmat  yang telah di karunia kan sehingga terwujudnya masyarakat yang penuh kedamaian.(4/04/2024).

Gebyar Bersih Desa Grogol kali ini mengusung tema "Semangat Pemuda Dalam Bernegara Untuk Mewujudkan Desa Grogol Sejahtera, Kreatif, Inovatif Dan Produktif".adapun serangkaian acara yang di persiapkan antara lain adalah Semaan Qur'an yang di laksanakan di balai desa Grogol dan sebagian lainnya berada di makam keramat buyut Jimat.

Sementara ke esokan harinya adalah Selamatan Kampung yang di fokuskan di dua lokasi, yaitu di Dusun Krajan dan Lebak di sertai tradisi nyekar ke leluhur.




menjelang petang terdapat acara Ider Bumi atau keliling Desa.lalu Tasyakuran di aula Kantor Desa.

Tradisi Gebyar Desa ini semakin meriah dengan di isi berbagai hiburan bagi masyarakat berupa kesenian tradisional khas Banyuwangi yaitu Mocoan.

pencak silat dan pentas seni tari Gandrung juga mewarnai semarak acara dengan di susul festival Kuda Lumping atau Jaranan.

Tepat dipertigaan ujun,dusun Krajan juga di meriahkan orkes Qasidah dan Tari Kuntulan.jalan sehat dan senam dari kaum hawa pun turut andil dalam kehebohan acara.

Puncak acara adalah Grogol Bersholawat yang di ikuti semua komponen Desa dan di ikuti pelaku bazar UMKM.

Sholawat Bersama ini menyuguhkan majelis ngaji dari Syafaatunnabi (SNB). dengan di hadiri langsung oleh  Penasehatnya yakni Habib Abdurahman Al Jufri, ustadz Abdul Ghoni asary,Gus Fahmi selaku Munsyid SNB serta ustadz Hariri sebagai khodimul SNB.

Kepala Desa Grogol, Syamsul Arifin menyampaikan bahwa acara Gebyar Bersih Desa adalah salah satu upaya mempertahankan tradisi yang sudah turun menurun. “Bersih Desa ini merupakan sebuah tradisi warisan para leluhur. Oleh karenanya harus dilestarikan.kebudayaan ini merupakan fondasi untuk terciptanya kerukunan antar umat dan warga,” tuturnya.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa cak sul ini menyebut bahwa Gebyar Bersih Desa digelar sebagai wujud syukur kepada sang pencipta". ungkapnya.

Syamsul Arifin menuturkan"rangkaian kegiatan diawali dengan musyawarah bersama tokoh masyarakat,tokoh pemuda,tokoh Agama dan seluruh Kepala Dusun Desa Grogol, sehingga kami semua mufakat untuk bersama-sama mensukseskan acara ini.kemudian himbauan di sampaikan kepada RT dan RW untuk mengajak masyarakat di lingkungannya untuk kerja bakti secara sosial dan suka rela, termasuk membersihkan sampah hingga di pemakaman umum.harapannya adalah memberi tauladan kepada generasi muda supaya terus merawat tradisi yang luhur ini". pungkasnya.

(Faruk Wahyudi)

Post a Comment for "Grogol Bersholawat Warnai semarak Tradisi Gebyar Bersih Desa"