WANIPEDES

Pastikan Keakuratan Pengisian, Tim Gabungan Sidak SPBU di Banyuwangi


BANYUWANGI - Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Karangente, Banyuwangi, Jawa Timur, menjadi sasaran Inspeksi Mendadak (Sidak) petugas gabungan. Sidak ini bertujuan untuk memastikan ketersediaan stok BBM dan keakuratan takaran pengisian (metrologi) di SPBU, sehingga masyarakat tidak dirugikan saat mengisi BBM, Senin (1/4/2024).

Tim gabungan dari Polresta Banyuwangi dan Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskopumdag) memeriksa takaran BBM di setiap mesin pengisian. Hasilnya, semua mesin di SPBU Karangente dinyatakan aman dan akurat.

Kapolresta Banyuwangi melalui Kasat Reskrim Kompol Andrew Vega menjelaskan bahwa Sidak ini tidak hanya dilakukan di satu titik, tetapi di semua SPBU yang dilewati para pemudik.

 "Tujuannya agar semua pemudik merasa aman dan nyaman saat melakukan perjalanan mudik, " tegas Kasat Reskrim.

Kompol Andrew menegaskan, jika ditemukan adanya mesin pengisian yang melebihi batas toleransi, pemilik SPBU dapat dikenakan sanksi tegas.

"Ancaman hukumannya cukup berat, mulai dari denda hingga pidana penjara, " tegas Kasat Reskrim.

Kabid Perdagangan Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Banyuwangi, Agustinus menegaskan, sidak ini dilakukan sebagai langkah antisipasi menjelang musim mudik Lebaran 2024.

"Mesin pengisian BBM memiliki toleransi yang berbeda-beda karena seringnya dipakai. Oleh karena itu, perlu dilakukan pemeriksaan metrologi setiap tahun, " jelas Agustinus. (**)

Post a Comment for "Pastikan Keakuratan Pengisian, Tim Gabungan Sidak SPBU di Banyuwangi"