WANIPEDES

Purnawiyata Bermakna di SMA Muhammadiyah 3 Genteng Banyuwangi

Banyuwangi - SMA Muhammadiyah 3 Genteng telah melaksanakan pengukuhan alumni purnawiyata angkatan ke-37, bertempat di Sekolah SMA Muhammadiyah 3 Genteng. Kamis, 25 April 2024.

Acara ini merupakan kegiatan tahunan yang rutin dilaksanakan sebagai wujud syukur serta tanda akhir dari proses belajar. Acara juga merupakan bentuk simbolis penyerahan kembali murid kepada orang tua atas berakhirnya rangkaian proses di sekolah.

Acara ini dilakukan secara sederhana namun penuh khidmat yang bertempat di auditorium SMA Muhammadiyah 3 Genteng. Acara ini dihadiri oleh Bapak Nawachid, M.Pd., sebagai perwakilan dari Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kecamatan Genteng.

Beliau turut memberikan ucapan selamat serta membangkitkan semangat calon alumni SMA Muhammadiyah 3 Genteng untuk terus berkreasi dengan pidatonya yang memotivasi.

Bapak Nawachid juga berpesan untuk selalu menjaga kebiasaan baik yang telah dilakukan di sekolah tetap konsisten dilakukan di rumah.

Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 3 Genteng, Citra Kumalasari, S.Pd., M.Pd., juga menyampaikan berbagai pesan untuk calon alumnus agar terus optimis, mengamalkan ilmu, dan mengembangkan diri secara berkelanjutan.

Ibu Kepala Sekolah, Citra Kumalasari, juga berpesan, "Kalian telah diproses dalam kegiatan ortom, Hizbul Wathan, IPM, yang putri sudah berkecimpung di 'Aisyiyah dan yang putra sudah berkecimpung di Kokam, di Tapak Suci. Ini sebagai bekal persiapan kalian untuk menjadi kader Muhammadiyah dan bangsa." Ucapnya.

Wali murid kelas XII juga turut diundang hadir untuk mendampingi calon alumnus menerima simbol tuntas belajar dari sekolah. Sekolah menghadirkan wali murid selain bertujuan untuk menyempurnakan acara seremonial juga bermaksud untuk tetap menjaga hubungan antara guru dan wali murid.

Hal tersebut sebagai wujud konsistensi sekolah untuk mewujudkan pendidikan yang berkelanjutan. Selain sebagai wujud seremonial kegiatan pengukuhan alumni, pada acara ini juga menjadi wadah pertunjukan ekspresi seni dan keterampilan yang dimiliki oleh murid-murid di SMA Muhammadiyah 3 Genteng.

Beberapa murid yang unjuk kebolehan dalam acara ini adalah Diva Aulia Dewi (Kelas X) dengan tari gandrungnya, Zaki Nirwando dan Niken Erlina Putri (Kelas XI) dengan teater singkatnya yang eksentrik, serta beberapa penampilan yang dilakukan oleh murid-murid lain.

Acara ini diselenggarakan bukan hanya untuk murid kelas XII yang akan menjadi alumni saja, namun juga menjadi wadah yang baik untuk adik kelasnya untuk terlibat dan mengambil peran dalam kegiatan yang dilakukan di sekolah. Pelibatan peran murid secara dominan dalam pengelolaan acara ini adalah wujud dari komitmen sekolah menyiapkan murid SMA Muhammadiyah 3 Genteng yang tangkas, cekatan, dan kreatif.

Singgih/team

Post a Comment for "Purnawiyata Bermakna di SMA Muhammadiyah 3 Genteng Banyuwangi"

Mediaku