WANIPEDES

Wisatawan Lokal Padati Pantai Gumuk Kantong Muncar Banyuwangi


Banyuwangi,
Ratusan pengunjung mulai memadati kawasan wisata pantai Gumuk Kantong di RT 3 RW 5 Palurejo, Sumbersewu, Muncar, Banyuwangi. Tempat wisata yang dikelola oleh swadaya masyarakat ini menyajikan pemandangan pantai yang indah serta didukung beberapa fasilitas yang disediakan oleh pengelola pantai. Selain itu, tempat wisata Gumuk Kantong memiliki Goa peninggalan zaman Jepang, menjadikannya magnet bagi wisatawan yang ingin berlibur bersama keluarga.

Tidak hanya wisatawan dari Kabupaten Banyuwangi, namun pengunjung dari luar daerah Banyuwangi juga ikut memadati kawasan wisata Gumuk Kantong. Kepadatan pengunjung di pantai Gumuk Kantong juga membuat petugas POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata) melakukan penjagaan ekstra ketat untuk keselamatan para wisatawan.

Supriyanto, selaku pimpinan pengelola tempat wisata pantai Gumuk Kantong, menjelaskan kepada awak media pada Rabu (17/4/2024), bahwa wisata pantai Gumuk Kantong mulai dibuka tahun 2019. Awalnya, mereka hanya melakukan pembersihan pantai dan membuat tempat tongkrongan untuk ngopi, namun lama kelamaan kunjungan wisatawan semakin ramai sehingga mereka mulai menerapkan tiket masuk. Hasil dari penjualan tiket tersebut digunakan untuk pengembangan tempat wisata Gumuk Kantong serta kesejahteraan anggota pengelola wisata.



Supriyanto juga menegaskan bahwa mereka selalu berusaha agar para pengunjung tetap nyaman saat berlibur di pantai Gumuk Kantong, meskipun saat ini kondisi ombak di laut cukup tinggi. Petugas dari tim POKDARWIS selalu melakukan pengamanan dengan berkeliling lokasi wisata demi keselamatan para pengunjung pantai.

"Saya sangat berharap dengan adanya lokasi wisata pantai Gumuk Kantong ini, bisa bermanfaat bagi kita semua, khususnya warga sekitar pantai yang sebelumnya tidak memiliki pekerjaan bisa ikut berjualan di pinggiran pantai yang kami sediakan," tutup Supriyanto.

Di tempat terpisah, seorang petugas penjual tiket yang tidak ingin disebutkan namanya menjelaskan bahwa kondisi penjualan tiket menurun akibat ombak besar yang mencapai daratan. Namun, dia meyakini bahwa wisatawan akan tetap berdatangan dalam beberapa hari ke depan meskipun naiknya ombak bukan disebabkan oleh tsunami, melainkan efek samping dari gerhana matahari.

Dengan demikian, meskipun terdapat tantangan seperti kondisi ombak yang tidak menentu, wisata pantai Gumuk Kantong tetap menjadi tujuan favorit bagi para wisatawan lokal maupun luar daerah untuk menikmati keindahan alam Banyuwangi.

(Singgih $)

Post a Comment for "Wisatawan Lokal Padati Pantai Gumuk Kantong Muncar Banyuwangi"

Mediaku