WANIPEDES

Bertugas di Lapas Banyuwangi, Dua CASN Formasi Penjaga Tahanan Dikenalkan Tusi dan Lingkungan Kerja


Banyuwangi – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banyuwangi mendapatkan tambahan formasi dua orang pegawai yang masih berstatus sebagai Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) untuk fomasi penjaga tahanan.

CASN tersebut merupakan hasil rekrutan dari pengadaan CASN di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia pada Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Timur tahun 2023.

Sebagai bahan kesiapan melaksanakan tugas, dua orang CASN yang mulai bergabung di Lapas Banyuwangi pada April lalu menjalani serangkaian orientasi, mulai dari pengenalan tugas dan fungsi (tusi) hingga pengenalan lingkungan kerja.

“Sebelum menempati posisi pada jabatannya, penting bagi CASN untuk menjalani orientasi, sehingga mampu menjalankan tugas dengan baik dan sesuai dengan SOP yang berlaku,” ujar Kepala Lapas Banyuwangi Agus Wahono, Rabu (22/5).

Agus menyebut, materi yang diberikan kepada CASN tersebut meliputi tusinya sebagai penjaga tahanan, baik itu pada pengamanan pintu utama (P2U), pengamanan blok hunian, dan pengamanan pos menara atas.

“Kami juga akan melakukan pemantauan serta penilaian sebelum memberikan tanggung jawab kepada mereka. Hal itu juga sebagai bahan evaluasi untuk menempatkan mereka pada posisi yang sesuai, bisa di P2U, blok hunian, maupun pos menara atas,” ungkapnya.

Meskipun demikian, Agus mengatakan bahwa nantinya posisi mereka sangat dimungkinkan untuk dilakukan rotasi dengan pegawai yang lain dengan tujuan penyegaran dan penguasaan terhadap setiap bidang pengamanan.

“Sehingga mereka tidak hanya monoton pada satu posisi saja, melainkan pada posisi yang lain agar mampu membentuk kepekaan terhadap setiap kondisi yang berkaitan dengan pengamanan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Agus menekankan kepada dua CASN tersebut untuk bekerja sesuai dengan SOP yang berlaku dan menghindari sekecil apapun penyimpangan, serta mengedepankan integritas.

“Kami berharap mereka mampu bekerja dengan penuh integritas dan menghadirkan berbagai inovasi demi kemajuan organisasi,” tutupnya.(*Septian*)

Post a Comment for "Bertugas di Lapas Banyuwangi, Dua CASN Formasi Penjaga Tahanan Dikenalkan Tusi dan Lingkungan Kerja"

Mediaku