WANIPEDES

Jaga Saluran Irigasi Berfungsi Baik, Kadis PU Pengairan Banyuwangi Guntur Priambodo Turun Langsung Ikut Serta Membersihkan Saluran Irigasi


WANIPEDES.ID - BANYUWANGI
Dalam upaya menjaga kelancaran saluran irigasi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pengairan Kabupaten Banyuwangi, Guntur Priambodo, tidak hanya memimpin dari balik meja kerjanya, namun tak jarang juga turun langsung ke lapangan untuk ikut serta dalam membersihkan saluran irigasi dan menangani berbagai masalah terkait.

Guntur menerangkan bahwa petugas lapangan pengairan terbagi menjadi tiga yaitu juru pengairan, petugas penjaga pintu air, dan pekerja atau pekarya saluran.

"Petugas pintu air atau PPA ini membuka dan menutup pintu air sehingga debit air yang mengalir sesuai dengan perintah Juru Pengairan dengan mempertimbangkan permintaan P3A sesuai kebutuhan untuk tanaman pangan," kata Guntur Priambodo, Senin (13/05/2024).

Di samping itu secara periodik, PPA melakukan kegiatan pemeliharaan, seperti memberi pelumas pada pintu air, pengecatan, membersihkan endapan sampah, mencatat kerusakan, dan memelihara saluran sepanjang 50 meter di sebelah hiling bangunan.

Sedangkan tugas pekarya saluran di antaranya membersihkan saluran dari gangguan rumput, sampah, dan lain-lain (misal hewan dan ternak), membersihkan endapan dan sampah di sekitar bangunan penting, menutup bocoran kecil di sepanjang saluran termasuk pengambilan air tanpa izin.

Lalu juga bertugas merapikan kemiringan talud saluran, menghalau hewan ternak supaya tidak masuk dan merusak saluran, dan melaporkan kalau ada kerusakan saluran yang cukup parah.

"Untuk tugas juru pengairan ialah membawahi PPA dan pekarya saluran di wilayahnya, termasuk tugasnya membagi air," jelasnya.

Untuk memastikan kelancaran operasional dan pemeliharaan saluran irigasi agar berfungsi baik, petugas pengairan dan anggota Himpunan Petani Pengguna Air (HIPPA) secara rutin melaksanakan kerja bakti.

"Kerja bakti secara bersama-sama itu 1 bulan sekali minimal," ujar Kadis PU Pengairan yang hobi bersepeda itu.

Sikap proaktif dan keterlibatan langsung Kadis PU Pengairan ini mendapat apresiasi dari masyarakat. Tidak hanya menambah kredibilitasnya, tetapi juga menunjukkan komitmen yang kuat dalam menjaga infrastruktur penting bagi pertanian di Bumi Blambangan. 


Boby Tri Setya H.

Post a Comment for "Jaga Saluran Irigasi Berfungsi Baik, Kadis PU Pengairan Banyuwangi Guntur Priambodo Turun Langsung Ikut Serta Membersihkan Saluran Irigasi"

Mediaku