WANIPEDES

KJJT Banyuwangi Gelar Pelatihan Dasar Jurnalistik bagi Pelajar SMPN 2 Rogojampi


Banyuwangi - Komunitas Jurnalis Jawa Timur (KJJT) Wilayah Banyuwangi menggelar kegiatan literasi yang bertujuan untuk memberikan pembekalan dasar jurnalistik kepada pelajar SMPN 2 Rogojampi, Selasa (21/5/2024). Kegiatan ini diadakan dengan tujuan meningkatkan kemampuan menulis berita para siswa.


Sebanyak 45 siswa-siswi dari berbagai latar belakang, termasuk anggota OSIS, ekstrakurikuler jurnalistik, dan Palang Merah Remaja (PMR), turut serta dalam kegiatan ini dengan antusias. Materi dasar jurnalistik disampaikan oleh narasumber terkemuka di bidangnya, antara lain Joko Tama dari Actanews.id, Nur Kholis dari Ganeshaabadi.com, Fitron dari Suarapecari.com, Yohan dari Banyuwangi.news, serta Ruslan dari Bratapos.com.


Selain menerima materi dasar jurnalistik, para siswa juga langsung diberi tugas untuk membuat berita sederhana. Karya terbaik mereka akan dipublikasikan di media online.


Pembina ekstrakurikuler jurnalistik SMPN 2 Rogojampi, Ilham Triadi, yang turut hadir dalam acara tersebut, mengapresiasi kehadiran Tim KJJT. "Dengan memberikan dasar dan kaidah penulisan yang benar, membantu anak-anak jurnalistik lebih mudah dalam membuat berita," ujarnya.


Ilham juga menambahkan bahwa pelatihan ini tidak hanya melatih siswa dalam penulisan berita, tetapi juga dalam public speaking, meningkatkan kepercayaan diri saat wawancara, serta membantu mereka lebih terarah dalam menentukan topik berita seputar kegiatan sekolah.


Ketua KJJT Banyuwangi, Ricky Sulivan, menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat mempermudah pelajar dalam mencari dan membuat berita. "Kami berencana melakukan hal yang sama di sekolah-sekolah tingkat SMP maupun SMA. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi pelajar, menambah wawasan dan pengalaman, serta meningkatkan kualitas SDM di Banyuwangi," ucap Ricky, yang juga merupakan Pemimpin Redaksi Suarapecari.com di Banyuwangi.


Dengan adanya pelatihan dasar jurnalistik ini, diharapkan para pelajar dapat mengembangkan keterampilan mereka dalam menulis berita dan menjadi generasi penerus yang berkualitas di bidang jurnalistik. 

(Septian)

Post a Comment for " KJJT Banyuwangi Gelar Pelatihan Dasar Jurnalistik bagi Pelajar SMPN 2 Rogojampi"

Mediaku