WANIPEDES

Latihan Kesiapsiagaan Operasi Kodam IV/Dip : Kita Harus Selalu Siap Dalam Situasi Dan Kondisi Apapun


Sukoharjo – Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi, S.I.P., M.Si., pimpin pelaksanaan Latihan Kesiapsiagaan Operasi (LKO) bertempat di Alun-alun Satya Negara Kabupaten Sukoharjo, pada Rabu (5/6/2024). Dimana pelaksanaannya disaksikan langsung oleh Dankodiklatad Letjen TNI Widi Prasetijono.

Latihan tersebut diselenggarakan oleh Kodiklatad di wilayah Kodim 0726/Sukoharjo dengan maksud untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan sinergitas antara TNI dengan Polri dan Pemda dalam menangani konflik sosial, khususnya pasca Pemilu dan Pilkada, maupun situasi yang tidak kondusif lainnya. 

Dankodiklatad mengatakan kegiatan LKO yang saat ini tengah berlangsung merupakan pengaplikasian di lapangan, dimana sebelumnya telah digelar gladi di Makodam yang dimulai sejak minggu lalu selama tiga hari. Melibatkan Pangdam beserta Perwira Staf dan jajaran Korem maupun Kodim.

“Kebetulan salah satu sample kita adalah Kodim Sukoharjo, dimana kita lihat sinergi antara Pemda, masyarakat, serta TNI-Polri dalam penanggulangan permasalahan di lapangan memang luar biasa”, Ujar Dankodiklatad.

Demikian Pangdam menyebutkan latihan tersebut kurang lebih melibatkan seribu pasukan yang berada di sekitar Solo Raya. Dimana didalamnya melatih kesiapsiagaan serta prosedur penanganan permasalahan global yang sering terjadi di lapangan, mulai dari aksi massa damai hingga anarkis.

“Kita sudah dilatihkan mulai dari latihan gladi Mako, dan sekarang yang dilapangan. Kira-kira realitanya yang sering terjadi seperti ini dan kita harus selalu siap dalam situasi dan kondisi apapun yang akan terjadi”, Ujar Pangdam
 
Diterangkan Pangdam selain Sukoharjo, nantinya pelaksanaan Latihan LKO akan turut dilaksanakan di berbagai daerah di Indonesia

“Semua wilayah harus bisa mengatasi situasi kondisi bagaimana menciptakan rasa aman dan damai di tempat tersebut”, Tambahnya.

“Terimakasih kepada tiga pilar yang sangat luar biasa ini, kesiapsiagaan TNI-Polri dalam menghadapi demo sudah bagus dan mudah-mudahan kegiatan ini dapat berguna, bisa membuat kami lebih kuat lagi. Dan Alhamdulillah sinergi antara TNI-Polri dan Pemda Sukoharjo selama ini sudah bagus dan kompak dalam hal apapun”, Tutup Pj Bupati Sukoharjo Hj. Etik Suryani, SE., MM.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Danrem 074/WRT Kolonel Inf Ali Akhwan, S.E., Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Czi Slamet Riyadi, S.E., Karo Ops Polda Jateng Kombes Pol. Basya Radyananda,S.I.K.,M.H., Forkopimda Kabupaten Sukoharjo dan para pejabat instansi terkait.
(Pendam IV/Diponegoro)

Post a Comment for "Latihan Kesiapsiagaan Operasi Kodam IV/Dip : Kita Harus Selalu Siap Dalam Situasi Dan Kondisi Apapun"

Mediaku