WANIPEDES

Antusias Anak SD Memukau dalam Lomba Baca Puisi Bahasa Osing Meriahkan HUT RI ke-78 di Desa Gambiran

 

Peserta Lomba Baca Puisi Bahasa Osing Meriahkan HUT RI ke-78 di Desa Gambiran (Foto Dok. Wirda)

Gambiran, BANYUWANGI. WANIPEDES.ID

––– Semangat dan antusiasme anak-anak sekolah dasar (SD) dan madrasah ibtidaiyah (MI) di Desa Gambiran begitu menggema saat mereka turut serta dalam Lomba Baca Puisi Tingkat SD/MI, yang diselenggarakan sebagai bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-78. Acara berlangsung pada Selasa, 15 Agustus 2023, dan menjadi sorotan utama warga serta pendidik setempat.

Dalam suasana penuh semangat dan kebersamaan, anak-anak dari empat sekolah dasar dan dua madrasah ibtidaiyah bergabung dalam lomba yang memiliki tema bahasa Osing, bahasa daerah Banyuwangi. Berbekal lembaran puisi di tangan, para peserta tampil dengan percaya diri di depan dewan juri yang akan menilai penampilan mereka. Guru pendamping juga memberikan dukungan penuh, membantu anak-anak mengatasi gugup dan memberikan semangat.

Peserta Lomba Baca Puisi Bahasa Osing Meriahkan HUT RI ke-78 di Desa Gambiran (Foto Dok. Wirda)

"Kami sangat bangga melihat semangat dan dedikasi anak-anak kami dalam mempersiapkan dan menyampaikan puisi dengan bahasa Osing. Ini adalah momen yang istimewa bagi mereka untuk menghargai dan melestarikan budaya lokal, sekaligus merayakan kemerdekaan Indonesia," ujar Kepala Desa Gambiran, Bapak H. Eko Hadi Riyanto.

Salah satu peserta, Yasmin, seorang siswa kelas 5, menghibur hadirin dengan cerita tentang wedus belang dan wedus putih. Ekspresi lucu dan menggemaskan dari Yasmin berhasil mencuri perhatian dan mendapatkan aplaus meriah dari penonton.

Sekretaris Desa Gambiran, Binar Cahya Putra, menyaksikan peserta dengan antusias membawakan puisi di atas panggung. Ia mengungkapkan, "Penghayatan peserta sungguh luar biasa, karena saya lihat ada peserta lomba saat membacakan puisi di atas panggung dengan gembira. Mungkin karena mereka menghayati dan menjiwai isi dari puisi yang mereka bacakan."

Lomba ini diakhiri pada pukul 11.00 WIB dan ditutup dengan sesi foto bersama. Panitia lomba mengucapkan rasa terima kasih kepada semua yang turut berpartisipasi dalam kesuksesan acara ini. Acara lomba baca puisi ini tak hanya memupuk kreativitas dan kemampuan berbicara dalam bahasa Osing, tetapi juga merajut keakraban dan semangat persatuan di tengah-tengah generasi muda Desa Gambiran. ***(Wirda/ Boby)

Post a Comment for "Antusias Anak SD Memukau dalam Lomba Baca Puisi Bahasa Osing Meriahkan HUT RI ke-78 di Desa Gambiran"