WANIPEDES

Doa Bersama Lintas Agama: Mengokohkan Toleransi dan Keharmonisan di Bangorejo


Bangorejo, BANYUWANGI | WANIPEDES.ID
- semangat toleransi dan persatuan umat beragama bersinar terang di Desa Ringintelu, Kecamatan Bangorejo, saat Bati Tuud Koramil 0825/10 Bangorejo hadir dalam acara doa bersama lintas agama. Acara ini bukan hanya memperingati Hari Jadi Hippa Jaya Makmur yang ke-8, tetapi juga menjadi momen berharga untuk mengokohkan hubungan harmonis antarumat beragama dan memohon berakhirnya musim kemarau. Rabu, 20 September 2023.

Pelda Eko Ahmad Sangkur, yang turut hadir dalam acara tersebut, mengungkapkan harapannya terhadap pentingnya sering diadakannya kegiatan semacam ini. "Toleransi antar umat beragama harus senantiasa dijunjung tinggi agar kehidupan di wilayah ini tetap tenang dan damai dengan keyakinan masing-masing," katanya.

Acara doa bersama lintas agama ini mencerminkan semangat persatuan dan keragaman yang khas dari Bangorejo. Berbagai agama, budaya, dan latar belakang bersatu dalam satu wadah untuk berdoa bersama dan menghormati satu sama lain. Hal ini merupakan salah satu bentuk keindahan masyarakat Bangorejo yang menjadikan toleransi sebagai fondasi kuat dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu peserta dari Hippa, anggota organisasi yang merayakan hari jadinya pada acara ini, berbicara tentang makna doa bersama lintas agama. "Kegiatan hari ini juga bertujuan memohon turunnya hujan kepada Tuhan Yang Maha Esa, semoga musim kemarau segera berakhir," ucapnya dengan penuh harap.

Doa bersama ini tidak hanya tentang memohon hujan fisik yang dapat mengakhiri kemarau, tetapi juga tentang hujan berkat dan keberkahan yang dapat meresapi hati setiap individu. Setiap doa yang diucapkan oleh umat beragama yang berbeda-beda membawa pesan perdamaian, persatuan, dan kasih sayang.


Acara ini juga memberikan kesempatan bagi para pemimpin agama dan tokoh masyarakat untuk menyampaikan pesan-pesan toleransi dan kerukunan kepada seluruh peserta. Ini adalah saat-saat yang penuh inspirasi, di mana kata-kata bijak dari para pemimpin agama menjadi sumber inspirasi bagi semua yang hadir.

Semangat kebersamaan semakin terasa ketika semua peserta doa bersama bergandengan tangan dan mengelilingi damai Desa Ringintelu. Keberagaman adalah harta yang berharga, dan Bangorejo telah mengambil langkah-langkah konkret untuk merawatnya.

Tentu saja, acara ini juga menjadi momen merayakan ulang tahun Hippa Jaya Makmur yang ke-8, sebuah organisasi yang telah lama berkomitmen untuk melayani masyarakat Bangorejo. Dalam kesempatan ini, mereka tidak hanya merayakan pencapaian mereka, tetapi juga menunjukkan bahwa misi mereka adalah melayani dengan cinta dan kerendahan hati.

Dengan matahari yang mulai tenggelam di ufuk barat, suasana hati menjadi semakin hikmat. Doa bersama ini bukan hanya sekadar ritual agama, tetapi juga ekspresi dari kerinduan bersama untuk kedamaian dan keselarasan. Di tengah gemuruh air dam Koperan, suara doa terbaur menjadi satu, menciptakan harmoni yang memenuhi hati semua yang hadir.

Melalui acara doa bersama lintas agama ini, Bangorejo sekali lagi menegaskan komitmennya untuk menjadi contoh bagi kota-kota dan desa lainnya dalam menjaga toleransi dan harmoni antarumat beragama. Semoga semangat persatuan dan kasih sayang yang terpancar pada hari ini akan terus mengalir dalam kehidupan sehari-hari mereka, membawa kedamaian dan kebahagiaan bagi semua.

Post a Comment for "Doa Bersama Lintas Agama: Mengokohkan Toleransi dan Keharmonisan di Bangorejo"