WANIPEDES

Kolaborasi Penuh Gairah: Mendikbudristek dan PP Muhammadiyah Siap Guncangkan Dunia Pendidikan

Nadiem Makarim Bocorkan 3 Tips Dahsyat Meraih Kesuksesan yang Bikin Semua Terkejut
Mendikbudristek Semangati Mahasiswa Baru UNISA dan Bersilaturahmi dengan PP Muhammadiyah

YOGYAKARTA, WANIPEDES.ID -
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, mengunjungi Universitas 'Aisyiyah (UNISA) di Yogyakarta, menandai titik awal kunjungan kerjanya. Saat berada di UNISA, Mendikbudristek terlibat dalam dialog interaktif dengan para mahasiswa baru, di mana ia membagikan pesan penting tentang pendidikan tinggi yang merata, berkualitas, dan berkesinambungan. Senin, 18 September 2023.

Mendikbudristek menekankan pentingnya mahasiswa terlibat dalam aktivitas yang mengasah kepemimpinan dan kepedulian sosial. Dalam acara Program Pengenalan Kampus bagi Mahasiswa Baru UNISA dengan tema "Generasi Harapan untuk Indonesia Berkemajuan," ia menyatakan, "Pesan saya, mahasiswa baiknya jangan cuma belajar di kampus saja namun terlibatlah dalam berbagai aktivitas yang mengasah kepemimpinan dan kepedulian terhadap lingkungan sosial."

Kerjasama antara 'Aisyiyah dan Kemendikbudristek juga menjadi sorotan. Ketua Pimpinan Pusat 'Aisyiyah, Siti Noordjannah, menyambut baik kunjungan Mendikbudristek dan menyatakan harapannya agar kerja sama yang sudah terjalin dapat terus berkembang. Ia mengungkapkan, "‘Aisyiyah dengan pemerintah saat ini hubungannya sangat baik. Kolaborasi ini sudah terjalin sejak lama dalam membangun dunia pendidikan di Indonesia."

Rektor UNISA, Warsiti, mengungkapkan rasa bangganya atas kunjungan Mendikbudristek dan harapannya bahwa dialog ini akan membantu mahasiswa baru dalam mempersiapkan masa depan mereka.

Dalam sesi tanya jawab, Ivonea Renha dos Santos Soares dari Timor Leste meminta tips sukses dari Menteri Nadiem Makarim. Mendikbudristek memberikan saran berharga, "Kesuksesan harus didefinisikan kalian masing-masing. Jangan pakai kriteria orang lain nanti sengsara." Ia juga menekankan pentingnya mengikuti kata hati, mengambil risiko, dan memanfaatkan kesempatan-kesempatan baru.

Pertanyaan lain datang dari Gladi, mahasiswa Prodi Bioteknologi UNISA, yang ingin tahu bagaimana mengasah ilmu yang didapat selama perkuliahan. Mendikbudristek mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan platform MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) dan mencoba pembelajaran di luar prodi untuk melengkapi keahlian yang mendukung cita-cita mereka.

Tidak hanya itu, dalam kunjungannya ke Yogyakarta, Mendikbudristek juga bersilaturahmi dengan pimpinan Muhammadiyah. Pertemuan tersebut bertujuan untuk memperkuat kolaborasi dalam mendukung inisiatif Merdeka Belajar serta menyampaikan apresiasi atas peran Muhammadiyah dalam kemajuan pendidikan Indonesia.

Pertemuan berlangsung hangat dan dihadiri oleh sejumlah pemimpin Muhammadiyah, termasuk Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti. Mendikbudristek menyatakan apresiasi atas perhatian Muhammadiyah terhadap kemajuan pendidikan di Indonesia.

Dalam masa yang penuh tantangan, kunjungan Mendikbudristek ke UNISA dan pertemuan dengan PP Muhammadiyah membawa semangat baru bagi pendidikan tinggi dan kemajuan pendidikan di Indonesia.

Sumber: kemdikbud.go.id

Post a Comment for "Kolaborasi Penuh Gairah: Mendikbudristek dan PP Muhammadiyah Siap Guncangkan Dunia Pendidikan"