WANIPEDES

Monitoring Rumah Moderasi Beragama KUA Kecamatan Songgon

Monitoring Rumah Moderasi Beragama KUA Kecamatan Songgon

BANYUWANGI | WANIPEDES.ID -
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi melalui pelaksana tugas harian Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam H. Muklis, melakukan monitoring rumah moderasi beragama di KUA Kecamatan Songgon, Senin (25/09/2023).

Kecamatan Songgon merupakan wilayah pegunungan dengan berbagai jenis perkebunan yang mempunyai nilai historis terkait sejarah berdirinya Kabupaten Banyuwangi, yakni terjadinya perang puputan Bayu, yakni sebuah perang perlawanan rakyat Blambangan melawan  VOC.

Berbagai suku dan agama hidup rukun di wilayah Kecamatan ini, keberagamaan tersebut terawat dari mulai berdirinya wilayah ini dengan berbagai tradisi yang ada.

KUA Kecamatan sebagai instansi terdepan dalam layanan masyarakat, bukan hanya melayani administrasi kependudukan berkaitan dengan pernikahan saja, namun juga menjaga kerukunan umat beragama.

Rumah Moderasi di KUA Kecamatan Songgon berbeda dengan Kecamatan lainnya, hal ini ditandai dengan Gazebo Moderasi yang dapat digunakan untuk kegiatan diskusi antar umat beragama.

"di Gazebo ini secara rutin kita adakan pertemuan antar umat beragama", kata Faturahman, Kepala KUA Kecamatan Songgon.

Di tempat terpisah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi Moh Amak Burhanudin menyampakan bahwa Kampung Moderasi Beragama maupun yang masih rintisan, terus melakukan aktivitas dalam rangka menjaga kerukunan umat dalam keberagamaan.

"Tradisi dan budaya yang tidak bertentangan dengan nilai-nilai agama harus tetap kita jaga bersama”, kata Amak. ***(Septian)

Post a Comment for "Monitoring Rumah Moderasi Beragama KUA Kecamatan Songgon"