WANIPEDES

VCO PANCER, Penyelamat Ekonomi dan Kesehatan dari Dusun Pancer

VCO PANCER, Penyelamat Ekonomi dan Kesehatan dari Dusun Pancer

BANYUWANGI, WANIPEDES.ID -
Dusun Pancer, sebuah daerah di balik hijaunya Jawa Timur, telah menjadi transformasi luar biasa yang telah dibawa oleh salah satu warganya. Budi, seorang warga setempat, dengan bijak memanfaatkan sumber daya alam yang melimpah di sekitarnya, telah mengubah kehidupan daerahnya dengan mengolah buah kelapa tua menjadi Virgin Coconut Oil (VCO).

Selain memiliki rasa yang khas dan harum, VCO terbukti memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang mengagumkan. Ini termasuk kemampuannya untuk melancarkan peredaran darah, sifat antibiotik alaminya, kemampuannya untuk mengurangi kolesterol jahat, dan bahkan dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Tidak heran banyak orang telah mencari manfaat kesehatan ini dan mendapati kesembuhan.

Budi memulai perjalanannya dengan VCO sebagai upaya sederhana untuk memperkenalkan produk ini kepada masyarakat. Namun, dampaknya sudah terasa nyata. Dalam waktu singkat, dia berhasil menjual hampir 200 botol kemasan 250 ml dengan harga yang terjangkau, yaitu 50 ribu rupiah per botol. Pendapatan ini bukan hanya memberikan kesejahteraan bagi Budi tetapi juga mengangkat ekonomi warga di Dusun Pancer.

VCO PANCER, Penyelamat Ekonomi dan Kesehatan dari Dusun Pancer
Virgin Coconut Oil (VCO)

Namun, untuk mencapai potensi penuh, Budi berharap agar pemerintah daerah memberikan perhatian dan pendampingan yang dibutuhkan. Izin dari POM (Pengawas Obat dan Makanan), sertifikasi halal, bantuan dalam hal pemasaran, dan peralatan yang memadai adalah beberapa hal yang sangat diharapkan oleh Budi. Saat ini, semua usaha ini dia lakukan sendiri, dan dukungan lebih lanjut akan membantu mengembangkan bisnisnya lebih jauh.

Lokasi sentra produksi VCO Pancer berada di rumah Budi, tepatnya di Dusun Pancer, RT 05 RW 02, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran. Kapasitas produksi yang mencapai 150 kelapa dalam tempo 24 jam siap dipasarkan, memastikan ketersediaan VCO yang cukup untuk masyarakat.

Budi juga mengajak masyarakat yang masih awam tentang VCO dan manfaatnya untuk mencari informasi lebih lanjut melalui media sosial, seperti YouTube, Facebook dan platform lainnya. Dia bahkan membagikan foto-foto produknya, yang merupakan bukti nyata kualitas VCO Pancer.

Transformasi Budi dan produk VCO Pancer menjadi contoh nyata tentang bagaimana pemanfaatan sumber daya lokal dapat membawa manfaat ekonomi dan kesehatan kepada sebuah komunitas. Dengan dukungan yang tepat dari pemerintah dan masyarakat lebih luas, bisa jadi ini adalah awal dari perubahan positif yang lebih besar di Dusun Pancer, yang dapat mengurangi pengangguran dan ketergantungan pada industri tambang. ***(Red)

Post a Comment for "VCO PANCER, Penyelamat Ekonomi dan Kesehatan dari Dusun Pancer"