WANIPEDES

Agus Nurbani Yusuf, Kepala Desa Terpilih Aliyan, Misi untuk Membangun Desa Aliyan yang Lebih Baik


Agus Nurbani Yusuf, Kepala Terpilih Desa Aliyan, Misi untuk Membangun Desa Aliyan yang Lebih Baik (Foto Dok. Yanto)
Agus Nurbani Yusuf, Kepala Terpilih Desa Aliyan, Misi untuk Membangun Desa Aliyan yang Lebih Baik (Foto Dok. Yanto)
Dalam sebuah pemilihan Kepala Desa yang diselenggarakan di Desa Aliyan, Kecamatan Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi, hari Rabu kemarin, 25 Oktober 2023. Agus Nurbani Yusuf .S.T. berhasil meraih kemenangan yang mengesankan dengan perolehan suara sebanyak 1818, mengalahkan rival terberatnya, Anton Sujarwo, yang hanya meraih 1062 suara. Anton Sujarwo, yang merupakan incumbent sebelumnya, harus mengakui keunggulan Agus Nurbani Yusuf dalam kontestasi demokratis ini.

Pria berusia 47 tahun tersebut mengaku kemenangannya ini adalah semata perjuangan panjang, dan tentunya adalah sebuah anugerah dari Tuhan untuk mengemban tugas penting dari kepercayaan warga Desa Aliyan. Menurutnya, dia akan berposisi sebagai Edukator bagi masyarakat Aliyan, yaitu menampung segala bentuk usul yang sifatnya membangun dari warga untuk duduk bersama berkomunikasi guna memecahkan suatu masalah, baik fisik maupun non fisik.

Pada fase selanjutnya, Agus mengungkapkan bahwa ada langkah strategis yang akan ia kerjakan setelah pelantikan dirinya di kursi jabatan Desa Aliyan, yaitu kedisiplinan pelayanan. Kenapa? Menurut Agus, dengan kedisiplinan pelayanan, adalah suatu kunci kesuksesan menuju kesejahteraan.
"Kalau kita disiplin dengan pelayanan, dengan tertib administrasi, maka lainnya akan mengikuti," ucap Agus, Kamis, 26 Oktober 2023.

Kemudian, mengingat peran pemuda Aliyan ini sangat berpotensi dalam usul dan ketangkasan dalam penyerapan informasi, gagasan, dan wawasan, Agus tidak segan-segan atau menyambut pemuda Aliyan untuk mengedukasi gagasan pemuda Aliyan sehingga tercipta harmoni dalam pemerintahan desa.

"Menjembatani pemuda, karena pemuda itu lebih cepat menangkap informasi dari kita yang sudah manula ini, jadi kita sifatnya Edukasi," papar Agus kepada Forum Wartawan Independen Peduli Desa (Wanipedes).

Masih kata Agus, dalam pengamatannya sebagai warga Aliyan terkait bantuan dari pemerintah selama ini di desanya itu masih terkesan tebang pilih, baik bantuan yang dari BPNT, BLT DD, maupun yang lainnya ini menjadi satu masalah tersendiri bagi pemerintahan Desa Aliyan, dan ini dianggapnya kurang baik bagi pemerintahan Desa, terlepas kendala itu murni dari Desa atau dari Dinas terkait yang kurang sinkron terhadap pemerintahan Desa.

Di segmen terakhir, Agus sempat menyinggung tentang kesehatan. Menurut pengamatannya, selama ini sungai-sungai yang ada di Desa Aliyan kurang dari segi kebersihan. Dengan sebab itu, masalah kebersihan yang pastinya bermuara pada kesehatan ini akan menjadi skala prioritas tersendiri bagi Agus untuk segera ada pembenahan, terutama pada kurangnya kesadaran masyarakat tentang kebersihan atau kedisiplinan tentang sampah karena tidak adanya tempat sampah selama ini di desanya itu.

"Bagaimana akan bersih sungai di Aliyan ini jika tempat sampahnya belum ada? Bagaimana mau sehat jika sistem sampahnya belum tertata?" pungkas Agus kepada jurnalis Wanipedes.id

Kemudian, harapan Agus selaku kepala Desa terpilih, ia mengharapkan jika nantinya ada kerjasama dengan rival yang telah purna tugas agar juga ikut mengawasi dan juga ikut bekerja sama dalam membangun Desa Aliyan. Dan yang terakhir, harapan Agus kepada warga masyarakat Desa Aliyan agar selalu menjaga ketentraman dan keharmonisan dalam berdemokrasi di dalam Desa Aliyan, karena menurut Agus, ia butuh sekali bantuan dari semua pihak untuk memajukan Desa Aliyan. (Ilham Jurnalis Wanipedes.id)

Post a Comment for "Agus Nurbani Yusuf, Kepala Desa Terpilih Aliyan, Misi untuk Membangun Desa Aliyan yang Lebih Baik"

Mediaku