WANIPEDES

Fenomena Sejumlah Incumbent Tumbang Masuk Survei Wanipedes

Fenomena Sejumlah Incumbent Tumbang Masuk Survei Wanipedes
Joko Pamungkas, Pimpinan Redaksi Media WANIPEDES.ID
BANYUWANGI, Penyelenggaraan pemilihan kepala desa (pilkades) berlangsung di 51 Desa Kabupaten Banyuwangi. Penghitungan surat suara dilakukan pada Rabu (25/10/2023). 

Pesta demokrasi di tingkat desa ini cukup menyita perhatian masyarakat. Fenomena baru telah terjadi, pasalnya, Calon incumbent yang maju dalam Pilkades kali ini terdapat sejumlah nama incumbent kalah suara. Sehingga harus turun menduduki kursi jabatan lagi dan mengikhlaskan juga jabatannya diisi oleh pimpinan baru. Namun begitu, tak sedikit pula incumbent yang masih di percaya oleh masyarakatnya untuk memimpin desanya kembali.

Terkait Pilkades ini, jauh sebelumnya, sejumlah awak media yang tergabung dalam Forum Wartawan Independen Peduli Desa (Wanipedes) telah membentuk tim survei di sejumlah desa dengan cara mengamati dan mengumpulkan informasi dari berbagai pihak di masyarakat tanpa harus mencoba mempengaruhi atau mengarahkan ke salah satu calon.hasil survei tim Wanipedes ini menuai prediksi 98% nilai akurat.

Menurut salah satu Pimpinan Wanipedes Joko Pamungkas mengatakan "terpilihnya calon baru serta banyaknya incumbent yang tumbang, sebenarnya sudah di prediksi oleh tim Wanipedes meskipun forum survey di bentuk hanya sekedar pengisi kesibukan dan perkiraan semata. Akan tetapi dalam mengkalkulasi prediksi kami serius. dan Alhamdulillah hasilnya hampir semuanya benar. artinya bahwa prediksi awak media sebetulnya juga penting untuk di jadikan tolak ukur dalam Pilkades". Ungkapnya.

Di tempat yang sama, salah satu Dewan Redaksi Wanipedes Faruk Wahyudi mengatakan "Semoga Kepala Desa terpilih benar-benar amanah memimpin desanya. Fenomena ini menandaskan bahwa peta politik itu bisa berubah kapan saja dan peran media jangan di remehkan. Saya berharap, untuk kepala desa terpilih tetap menjalin sinergi bersama media. dan calon yang gagal bisa tetap legawa, meski belum terpilih. Serta, pendukung calon yang menang agar menghormati pendukung yang kalah serta kembali bersama membangun desa". Pungkasnya.

(Bob/Kas)

Post a Comment for "Fenomena Sejumlah Incumbent Tumbang Masuk Survei Wanipedes"

Mediaku