WANIPEDES

Berkolaborasi untuk Pendidikan Seni, ISI Surakarta dan Pemkab Banyuwangi Segera Kaji Tawaran Pendirian Kampus

ISI Surakarta Tawarkan Buka Kampus Seni di Banyuwangi
ISI Surakarta Tawarkan Buka Kampus Seni di Banyuwangi
BANYUWANGI – Kekayaan seni dan budaya yang melimpah di Kabupaten Banyuwangi menjadi sorotan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. Kampus prestisius yang memiliki Fakultas Seni Pertunjukan dan Fakultas Seni Rupa serta Desain, kini memperkenalkan wacana kerjasama untuk mendirikan kampus seni di Banyuwangi.

Rektor ISI Surakarta, I Nyoman Sukerna, menyampaikan harapannya agar generasi muda Banyuwangi tidak hanya menjadi seniman, melainkan juga seniman akademis yang tumbuh bersama seni dan budaya di lingkungan mereka. "Kami ingin melihat mereka berkembang dengan warisan seni dan budaya yang kaya di Banyuwangi," ujar Nyoman saat pertemuan dengan Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, pada Kamis (22/11/2023).

Menurut Nyoman, potensi besar dalam bidang seni budaya di Banyuwangi menciptakan ekosistem pendidikan yang sangat proporsional. Seni budaya tersebut juga tetap lestari di tengah masyarakat, seperti gandrung, barong, jaranan buto, trengganis, kuntulan, dan berbagai seni lainnya.

“Mahasiswa nantinya dapat belajar secara langsung dari para maestro seni di Banyuwangi. Ini akan menjadi kolaborasi seni yang saling menguntungkan,” ungkap Nyoman.

Nyoman juga menambahkan bahwa kerjasama ini akan memberikan kesempatan bagi anak-anak Banyuwangi dan sekitarnya untuk belajar secara lebih dekat tanpa harus pergi ke Surakarta atau kampus seni di luar kota lainnya. “Kami siap berkolaborasi dengan Pemkab Banyuwangi,” tegasnya.

Bupati Ipuk Fiestiandani menyambut baik tawaran kerjasama dari ISI Surakarta. Ipuk menyebutkan bahwa Pemkab Banyuwangi telah memiliki pengalaman positif dalam membuka kerjasama untuk mendirikan kampus, seperti yang telah terjalin dengan Universitas Airlangga yang kampusnya telah berkembang pesat di Banyuwangi.

“Ini adalah kabar gembira. Kehadiran lebih banyak lembaga pendidikan pasti akan memberikan dampak positif bagi daerah,” ungkap Ipuk.

Ipuk menyatakan bahwa tawaran kerjasama ini akan segera menjadi objek kajian lebih mendalam. ISI Surakarta, kata Ipuk, telah menjadi mitra kerjasama Kabupaten Banyuwangi dalam Program Banyuwangi Cerdas yang memberikan beasiswa kepada anak-anak Banyuwangi untuk menempuh pendidikan seni di kampus tersebut.

“Semoga dalam waktu dekat, kajian ini bisa segera diselesaikan,” pungkasnya. (*)

Post a Comment for "Berkolaborasi untuk Pendidikan Seni, ISI Surakarta dan Pemkab Banyuwangi Segera Kaji Tawaran Pendirian Kampus"