WANIPEDES

Bertemu Lagi Setelah Puluhan Tahun, Reuni SMPN 1 Sampara Bikin Haru

KONAWE Ikatan Alumni (Ika) Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Sampara

KONAWE Ikatan Alumni (Ika) Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Sampara, menggelar reuni akbar perdana pada Minggu (12/11/2023).

Kegiatan ini diikuti puluhan angkatan, dengan total ratusan peserta. Tak hanya itu, turut hadir berbagai pihak, mulai dari Wakil Ketua DPRD Konawe, Rusdianto, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Dr. Suriyadi, Kepala SMPN 1 Sampara, Runi S.Pd., M.Pd, bersama jajarannya, serta Himpunan Pengusaha Tolaki Indonesia.

Diawali jalan sehat sekira pukul 7.30 pagi, rombongan mengambil rute dari halaman SMAN 1 Sampara, Desa Andaroa, finis di Lapangan Haribau, Desa Pohara, Kecamatan Sampara.

Usai itu, dilanjutkan dengan pengukuhan pengurus Ika Alumni SMPN 1 Sampara, dimana Sardin Beemu didapuk sebagai ketua umum. 

Sardin dalam sambutannya mengungkapkan, Reuni akbar menjadi aspirasi dan keinginan dari hampir semua alumni. Ia pun bersyukur ini bisa direalisasikan. 

Kata dia, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan silaturahmi antar sesama alumni, sehingga dengan itu ia berharap soliditas alumni mampu dipertahankan, serta ditingkatkan.

"Alhamdulillah kerinduan kepada teman sekolah semasa SMP bisa terobati dengan reuni akbar ini," ujarnya. 


Lanjut Sardin, deklarasi sampai pada pelaksanaan reuni akbar dan pengukuhan pengurus hari ini, melalui jalan panjang dan banyak sekali hambatan. 

Diceritakan, sejarah terbentuknya IKA SMPN 1 Sampara mulai dari Musyawarah Tanggal 16 Maret 2023 Di Kampung Empang Kendari, menyepakati dirinya secara aklamasi sebagai ketua umum.

"Aklamasi bukan berarti tidak representatif atau tidak demokratis, akan tetapi merupakan hasil permufakatan atau musyawarah mufakat," tambahnya.

Sardin berjanjii, program utama yang akan dilakukan adalah membangun pondasi organisasi yang kuat dan kokoh, sehingga eksistensinya akan terus terjaga.

Senada dengan itu, Runi, S.Pd., M.Pd, dalam sambutannya, mengatakan bahwa SMPN 1 Sampara awalnya bernama SMP Pohara, didirikan pada tahun 1965, dalam perjalannya telah mengalami beberapa kali perubahan nama.

Ia pun sangat mengapresiasi terbentuknya Ika SMPN 1 Sampara. Dikatakan, dikukuhkannya pengurus pada hari ini, maka secara kelembagaan alumni dan pihak sekolah bisa bekerjasama dan saling memberikan kontribusi.

Menurutnya, keberadaan Ika SMPN 1 Sampara tentunya sangat bepengaruh pada pihak sekolah, tidak hanya pada akreditasi sebagai salah satu poin penilaian, namun tentunya akan berpengaruh pada peningkatan kualitas dan pengembangan sekolah kedepannya.

"Saya pribadi mengharapkan adanya persaudaraan yang terus ditingkatkan oleh seluruh alumni, serta sinergitas dengan pihak sekolah," tutup Kepsek SMPN 1 Sampara. (Red)

Post a Comment for "Bertemu Lagi Setelah Puluhan Tahun, Reuni SMPN 1 Sampara Bikin Haru"

Mediaku