WANIPEDES

Kepengurusan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Banyuwangi Periode 2023 - 2026 resmi dilantik

Kepengurusan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Banyuwangi Periode 2023 - 2026 resmi dilantik

Kegiatan digelar pada Sabtu 2 November 2023, dengan tema Peningkatan Kapabilitas Peliputan Jelang Pemilu 2024. Acara tersebut digelar di Gedung Juang Banyuwangi.

Ketua PWI Banyuwangi Budi Wiriyanto mengatakan pelantikan ini merupakan kelanjutan dari Konferensi Cabang PWI Banyuwangi yang digelar pada tiga minggu lalu.

"Pelantikan ini sebagai bentuk penyegaran organisasi PWI Banyuwangi," ujar Budi.

Pemilihan Gedung Juang ini dipilih bukan tanpa alasan, karena para anggota berkomitmen untuk berjuang bersama sebagai mitra.

"Stigma wartawan akhir-akhir ini memiliki konotasi negatif, maka dari itu PWI Banyuwangi akan berkoordonasi dengan seluruh elemen agar tak ada lagi stigma tersebut," kata wartawan senior itu.

Anggota PWI Banyuwangi kurang lebih berjumlah 40 orang dan sudah berlisensi Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

"Percayalah anggota PWI adalah organisasi profesional 90 persen lolos UKW dan itu yang menjadikan kami profesional dalam menjalankan tugas," terangnya.

Kedepan PWI Banyuwangi akan menjalin kerja sama untuk membangun Kabupaten Banyuwangi.

"Semua wartawan yang bergabung di dalam PWI benar-benar profesional dan memenuhi standart dan itu menjadi bekal untuk menjalankan tugas menulis berita," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua PWI Bidang Organisasi Jatim Mahmud Suharmono mengatakan produk wartawan adalah berita, maka dari itu perlu dipertanggungjawabkan oleh penulis.

Mendekati Pemilu 2024 ini wartawan diharap agar lebih berhati-hati untuk mengolah berita.

Karena saat ini tugas untuk memerangi berita hoaks lebih berat. Karena banyak bermunculan produk sosial media khususnya di tahun politik ini.

"Sarana informasi sebagai media bukan hanya kontrol sosial saja. Kita juga perlu memerangi berita hoaks," paparnya.

Selain itu pewarta juga harus lebih meningkatkan produk jurnalis di bidang pendidikan agar lebih dapat lebih memajukan media.

"Jika kita ingin memajukan bidang pendidikan seharusnya penulis lebih paham terkait berita yang ditulis agar benar-benar menghasilkan produk jurnalistik yang berkualitas.

Pers tidak hanya mengikuti berita viral, namun berikan berita yang mengarah kepada kebenaran bukan hanya ikut-ikutan viral saja.

"Kami titip pesan agar PWI Banyuwangi menciptakan produk jurnalitik yang berkualitas. Selain itu diharap pengurus PWI Banyuwangi dapat berkoordonasi serta berkolaborasi," terangnya.



Boby Wanipedes.id

Post a Comment for "Kepengurusan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Banyuwangi Periode 2023 - 2026 resmi dilantik"