WANIPEDES

Polres KLungkung terimaa Arahan Dari Kompolnas RI, Ingatkan Junjung Tinggi Netralitas Serta Profesionalisme Dalam Bertugas

Polres KLungkung terimaa Arahan Dari Kompolnas RI, Ingatkan Junjung Tinggi Netralitas Serta Profesionalisme Dalam Bertugas

BALI - WANIPEDES.ID
Kompolnas RI Mendatangi Polres Klungkung dalam rangka kegiatan Pengawasan Pengamanan Operasi Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 serta Pengamanan Pemilu 2024.Pada hari Selasa tanggal 19 Desember 2023

Setibanya di Polres Klungkung Kompolnas RI Prof. Dr. Albertus Wahyurudhanto, M.Si. diterima langsung Oleh Kapolres Klungkung AKBP Umar,S.I.K.,M.H., diruang kerjanya.

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan di Ruang Rapat Nusa Penida yang dihadiri oleh Wakapolres Klungkung Kompol I Komang Sura Maryantika, Kabag Ops Polres Klungkung Kompol I Ketut Suastika, beserta para PJU dan Kapolsek Jajaran Polres Klungkung.

Kapolres Klungkung AKBP Umar,S.I.K.,M.H.,Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa pada hari ini kita dapat berkumpul dalam kegiatan Was Ops Nataru dan PAM Pemilu 2024 oleh Kompolnas di wilayah Kabupaten Klungkung.

Diawal kami sampaikan kepada tim Kompolnas bahwa yang berada diruang rapat ini merupakan seluruh PJU Polres Klungkung. Sebagaimana kami laporkan di wilayah Kabupaten Klungkung terdiri dari 4 kecamatan, Pelaksanaan pengamanan pemilu sudah berlangsung dan sudah berjalan pada tahapan kampanye untuk operasi lilin Agung 2023 akan dimulai dilaksanakan tanggal 22 Desember 2023 dan tadi kami sudah laksanakan Lat Pra Ops. Ucap AKBP Umar,S.I.K.,M.H.,

“Rekan-rekan sekalian jadi tujuan dari tim Kompolnas kesini yaitu merupakan peninjauan terhadap operasi yang telah kita jalankan baik itu operasi Mantap Brata maupun Operasi Lilin, Kegiatan kompolnas ini sebagai bahan evaluasi kita juga untuk perbaikan kita dalam setiap melaksanakan kegiatan Operasi kedepan yang akan kita laksanakan nanti” Paparnya

Kabag Ops Polres Klungkung Kompol I Ketut Suastika mengatakan Dalam pengamanan Natal dan tahun Baru di Kabupaten Klungkung terdapat 6 Gereja yang sudah terdata,Terkait dengan perayaan Tahun Baru khusus di Kabupaten Klungkung akan dilaksanakan Lapangan Puputan Klungkung, dan untuk diwilayah Nusa Penida akan dilaksanakan di Beach Club yang sudah mengajukan ijin kepada kami.

Untuk Kegiatan Operasi Lilin akan dilaksanakan pada tanggal 22 Desember 2023 sampai dengan 2 Januari 2024 dan untuk personil yang dilibatkan sebanyak 90 personil. Dan Polres Klungkung membuat 3 pos pelayanan untuk mendukung pelaksanaan operasi Lilin Agung 2023 yaitu Pos Goa Lawah, Pos Pelayanan Br. Nyuh dan Pos Pelayanan Pantai Kelingking

Kemudian pada saat perayaan malam tahun baru kita telah memetakan dan melaksanakan pengamanan di obyek perayaan dan melakukan rekayasa lalulintas apabila diperlukan,Kemudian terkait pengamanan Pemilu 2024 untu DPT sudah didatakan 167.052 orang.

Untuk Tahap Kampanye yang kita laksanakan melibatkan sebanyak 310 personil untuk dapat mengamankan kegiatan kampanye sehingga berjalan lancar, Jumlah TPS yang ada di kabupaten Klungkung 649 TPS, terkait dengan pola pengamanan TPS dapat dikategorikan kurang rawan, rawan, dan sangat rawan. 

Kompolnas RI Prof. Dr. Albertus Wahyurudhanto, M.Si. Terkait dengan kegiatan kami ke masing-masing Polda untuk melakukan pembimbingan terhadap Polri selama dalam kegiatan Pemilu ini agar tetap berjalan Netral karena Polisi ini sering menjadi sorotan masyarakat luas. Banyak kasus-kasus tertentu, Polri meminta bantuan kepada kompolnas dalam mengklarifikasi kasus yang belum mendapatkan penyelesaian. 

Maksud dan tujuan kami datang kesini yaitu memberi petunjuk arah kebijakan untuk Polri, dimana dalam situasi Pemilu ini agar Polri senantiasa menjunjung tinggi Netralitas serta Profesionalisme dalam melaksanakan tugas pengamanan. Papar Prof. Dr. Albertus Wahyurudhanto

Prof. Dr. Albertus Wahyurudhanto menambahkan tahapan Pemilu 2024 yang sudah berjalan ini kegiatan yang dilaksanakan Polri sudah sangat baik yaitu dengan Cooling system. Arah kebijakan yang harus dilaksanakan oleh Polri yaitu : 
a. Professional, cepat, tepat dan transparan
b. Kedepankan fungsi preemtif dan preventif
c. Fungsi represif dalam hal ini penegakan hukum yang dilaksanakan dengan tegas dan humanis 
d. Netralitas merupakan harga mati
e. Pemberian reward dan punishment kepada anggota secara objektif
f. Melakukan pengawasan melekat secara baik dan benar sesuai peraturan No 2 Tahun 2022 tentang Pengawasan melekat dilingkungan Polri. 

Harapan kita bersama dalam kegiatan pengamanan Pemilu 2024 yaitu pemilu dapat berjalan aman dan gembira, Netralitas dapat terwujud serta Harkamtibmas dapat terpelihara dengan aman dan terkendali.

Kami harapkan juga kepekaan Polri terhadap situasi yang berkembang baik diwilayahnya maupun di nasional untuk mengantisipasi kerawanan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. 

(Indra)

Post a Comment for "Polres KLungkung terimaa Arahan Dari Kompolnas RI, Ingatkan Junjung Tinggi Netralitas Serta Profesionalisme Dalam Bertugas"