WANIPEDES

Rayakan HUT Ke-73 Polairud dan HUT Brimob Ke-78; Polisi Tanam 2.000 Ribu Bibit Pohon Mangrove di Banyuwangi

Rayakan HUT Ke-73 Polairud dan HUT Brimob Ke-78; Polisi Tanam 2.000 Ribu Bibit Pohon Mangrove di Banyuwangi

Banyuwangi : Kepolisian Resor Kota Banyuwangi (Polresta) menanam 2.000 (dua ribu) bibit pohon mangrove secara serentak diseluruh Polsek jajaran se Banyuwangi Penanaman mangrove dilakukan merupakan bagian daripada rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-73 Polairud dan HUT Brimob Ke-78 tahun 2023.

Salah satu titik penanaman dilakukan di Pantai Cemara, Kecamatan Banyuwangi dengan jumlah 800 bibit yang ditanam. Gerakan penanaman mangrove di lokasi ini dipimpin langsung oleh Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Deddy Foury Millewa.

“Hari ini merupakan rangkaian HUT Polairud Ke-73, dan HUT Brimob Ke-78 ada beberapa kegiatan yang sudsh kita lakukan seperti donor darah, bakti kesehatan, bersih-bersih pantai, bakti sosial dan penanaman pohon mangrove,” kata Kapolresta Banyuwangi di sela-sela kegiatan penanaman pohon mangrove, Kamis (30/11/2023).

Kapolresta mengatakan, khusus untuk penanaman mangrove dilaksanakan di seluruh Polsek yang memiliki garis pantai sedangkan bagi Polsek yang tidak memiliki pantai melakukan penanaman pohon penghijauan diwliayahnya dengan selain mangrove.

“Khusus untuk penanaman mangrove dilaksanakan diseluruh Polresta Banyuwangi dengan jumlah pohon mangrove yang ditanam sebanyak 2.000,” ujar Kombes Pol Deddy.

Kapolresta meminta, gerakan penanaman pohon untuk pelestarian lingkungan dan mengurangi dampak pemanasan global terus dilakukan sebagai peran serta Polri menjaga ekosistem lingkungan.

“Saya minta gerakan ini untuk dilaksanakan dengan konsisten dalam bentuk partisipasi masing-masing Polsek dalam melestarikan pohon mangrove di Banyuwangi,” ucap Kapolresta.

Bahkan Kombes Pol Deddy juga meminta jajarannya agar mencari lokasi untuk penanaman mangrove. Sehingga terlibat secara langsung di dalamnya dan memiliki kawasan yang menjadi binaan Polair.

Mangrove berfungsi sebagai benteng alami yang melindungi pesisir dari erosi dan serangan gelombang besar. Akar-akar mangrove yang kuat membantu menjaga stabilitas tanah di sekitar garis pantai.

“Mari kita menjaga lingkungan, mulai dari diri sendiri, alam sekitar hingga melestarikan alam semesta dengan berbuat baik,” imbau Kapolresta.

"Ya, mudah mudahan dengan penanaman pohon bibit mangrove ini bisa mengurangi atau menghilangkan iklim yang tidak baik," pungkasnya. (Humas Polresta Banyuwangi)

Post a Comment for "Rayakan HUT Ke-73 Polairud dan HUT Brimob Ke-78; Polisi Tanam 2.000 Ribu Bibit Pohon Mangrove di Banyuwangi"