WANIPEDES

Pagelaran Wayang Kulit Dengan Lakon Wahyu Kamulyan Dalam Rangka Bersih Dusun Sumberejo

Sebagai wujud syukur dan nguri uri adat budaya peninggalan nenek moyang serta memberikan hiburan kepada masyarakat pada puncak acara Bersih Dusun dengan menggelar pementasan wayang kulit di dusun Sumberejo Desa Kepundungan, Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi. Sabtu, (01/06/2024) malam pukul 20.00 wib.

Dengan mengusung lakon Wahyu Kamulyan yang dibawakan dua dalang kondang yaitu Ki Dalang milineal Ichwan Purbo Carita dan Ki dalang Sawur dari Tegalsari Banyuwangi,

acara tersebut dihadiri kepala desa Pundungan" Baitu Rohim beserta staf dan perangkat desa, Bhabinkamtibmas" Aipda Andrik Satriawan, Babinsa" Serda Sujarwo, Kepala Dusun Sumberejo" Mariyanto, Anggota BPD, ibu PKK, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh ulama, ribuan warga masyarakat Desa Kepundungan, Sabtu, (01/06/2024) malam pukul 20.00 wib.

Kepala dusun Sumberejo" Mariyanto sekaligus Ketua Panitia kegiatan, Mariyanto, dalam pidatonya menyampaikan bahwa, pagelaran wayang kulit malam ini merupakan puncak rangkaian acara Bersih Desa yang didukung sepenuhnya oleh warga masyarakat, serta jajaran perangkat desa sehingga acara Bersih Dusun bisa terselenggara dengan lancar.

“Semoga acara wayang ini dapat menghibur warga masyarakat, dan semoga kegiatan ini menjadi wahana pelestarian dan pengembangan nilai – nilai budaya,” ucap Mariyanto.

Beliau menambah dengan ucapan Alhamdulillah karena pada malam ini warga masyarakat dusun Sumberejo sudah melakukan acara bersih dusun yang diselenggarakan tiap tahunya dan Alhamdulillah bahwa warga dusun Sumberejo saat ini sudah mempunyai mobil pelayanan dusun yang bisa difungsikan untuk melayani warga dusun yang membutuhkan karena mobil pelayanan tersebut dibeli dari anggaran swadaya masyarakat dusun setahun yang lalu, pada saat itu memang warga dusun tidak acara bersih dusun karena anggaran swadaya dari warga dialihkan untuk membeli mobil pelayanan khusus warga" terang kepala dusun Sumberejo desa Kepundungan.



Dalam kesempatan tersebut, Kades Kepundungan" Baitu Rohim mengatakan, pagelaran wayang kulit tersebut terselenggara atas bantuan partisipasinya masyarakat Sumberejo Mukai dari jajaran perangkat desa, BPD, dan semua elemen desa RT, RW, dan tokoh masyarakat.tokoh pemuda, tokoh ulama dengan kepedulian loyalitasnya tinggi.
“Kegiatan ini murni berkat adanya partisipasi warga, jadi bukan dari anggaran APBD, DD maupun ADD,” terang kades saat ditemui awak media disela sela acara.

Pria separuh baya yang akrab disapa dengan sebutan nama Mbah lurah ini berharap, dengan diadakannya acara Bersih Dusun ini, supaya warga masyarakat desa Kepundungan khususnya warga dusun dijauhkan dari segala mara bahaya dan selalu diberikan perlindungan Allah SWT.

“Acara ini merupakan wujud syukur kita semua, dan semoga kita semua selalu diberikan kesehatan, rezeki yang barokah dan dijauhkan dari mara bahaya,” harapnya.

pagelaran wayang kulit dengan lakon Wahyu kamulyan di harapankan bisa menjadikan edukasi, serta menghibur warga masyarakat, sekaligus untuk melestarikan atau nguri uri adat budaya yang adiluhung dan tutur katanya yang adem pada semua orang agar dapat membawa ketentraman serta kehidupan yang lebih mulia di masyarakat,” terang Mbah lurah.

“Lakon ini sangat pas dengan kondisi masyarakat kita saat ini, sehingga melalui lakon Wahyu kamulyan yang dibawakan oleh bapak Dalang Ki Ichwan kemudian tengah malam di lanjutkan Ki Sawur yang dapat memberikan edukasi kepada kita semua dan benar-benar akan mampu membawa ketentraman dan Kemuliya'an pada masyarakat kepundungan, khususnya warga masyarakat dusun Sumberejo” tuturnya.

Dengan prosesi penyerahan wayang gunungan dari kepala dusun Sumberejo desa Kepundungan yang kemudian diserahkan kepada Ki Dalang Ichwan sebagai tanda dimulainya pagelaran wayang kulit semalam suntuk yang dimeriahkan sederet artis kendang kempul dan artis campursari, pungkas kades pada awak media. (Y)

Post a Comment for "Pagelaran Wayang Kulit Dengan Lakon Wahyu Kamulyan Dalam Rangka Bersih Dusun Sumberejo"

Mediaku