WANIPEDES

Ruwatan Desa Menyatukan Masyarakat Desa Bulurejo dalam Kemeriahan HUT RI ke-78

Bapak Widarto selaku kepala desa Bulurejo (foto Dok. Wirda)
Banyuwangi, Jatim. Wanipedes.id
--- Desa Bulurejo di kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi menjadi saksi pelaksanaan ruwatan yang istimewa, acara ini dimulai jam 09.00 Sabtu, 12 Agustus 2023. Acara yang diprakarsai oleh Kepala Desa Bulurejo, Widarto, ini menjadi ajang penghormatan kepada para leluhur desa serta ungkapan syukur kepada Allah SWT atas rahmat yang telah diberikan kepada seluruh warganya.

Ruwatan desa kali ini memiliki tema yang mendalam, "Lahire Wisang Geni," yang mengandung makna spiritual dan pemurnian. Acara ini dipimpin oleh Dalang Restu Aji Nugroho, cucu dari dalang terkenal Ki Gondo Menyan, yang turut memeriahkan ruwatan dengan pesan-pesan kearifan lokal.

Dalam rangkaian kegiatan ini, Widarto juga menunjukkan kepeduliannya terhadap masyarakat kurang mampu dengan memberikan 20 paket sembako kepada kaum duafa, fakir miskin, dan anak yatim. Widarto, selaku kepala desa, menegaskan pentingnya solidaritas dan rasa saling peduli dalam sebuah komunitas.

Paket Santunan sembako kepada kaum dhuafa dan anak yatim (Foto Dok. Wirda)
"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh perangkat desa, RT, RW, kepala dusun, linmas, serta tokoh agama yang turut hadir dan mendukung acara ini. Kita semua diberikan kesehatan dan keselamatan sehingga dapat berkumpul di pagi ini untuk melaksanakan ruwatan desa ini sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur serta ungkapan syukur kepada Allah SWT," ujar Widarto.

Ruwatan desa, menurut Widarto, memiliki makna mendalam dalam menjaga keberkahan dan keselamatan desa. "Ruwatan desa ini dalam arti yang sesungguhnya adalah buang sial dan menyucikan dari berbagai mara bahaya. Kami berusaha agar Desa Bulurejo terhindar dari ancaman dan bahaya, serta dapat tumbuh sebagai desa yang sejahtera dan aman," tambahnya.

Dalam sambutannya, Widarto juga menegaskan komitmen pemerintah desa untuk terus mengayomi masyarakat dan melanjutkan potensi ruwatan sebagai bentuk rasa syukur dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Acara ini juga dihadiri oleh beberapa tokoh masyarakat, termasuk para media yang ikut meliput kegiatan ini sebagai bentuk dukungan terhadap kebersamaan dalam merayakan tradisi dan rasa peduli terhadap sesama. Semoga semangat ruwatan desa ini dapat terus memberikan manfaat dan keberkahan bagi Desa Bulurejo dan masyarakatnya. **(Wirda/ Boby)

***(Joko Pamungkas)

Post a Comment for "Ruwatan Desa Menyatukan Masyarakat Desa Bulurejo dalam Kemeriahan HUT RI ke-78"