WANIPEDES

Pembinaan Pokdarwis dan Pokmaswas Pawon Jaya Sobo bersama Camat Banyuwangi

Pembinaan Pokdarwis dan Pokmaswas Pawon Jaya Sobo bersama Camat Banyuwangi

BANYUWANGI - WANIPEDES.ID - 
Camat Banyuwangi Hartono beserta staf melakukan kunjungan dan pembinaan kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Kelompok Masyarakat Pengawasan (Pokmaswas) di Kelurahan Sobo yang bertujuan untuk pemberdayaan perekonomian masyarakat sekitar, serta daya tarik wisata dan tata kelola, Rabu (27/9/23).

Kegiatan tersebut bertempat di Wisata pantai Wonosari Kelurahan Sobo, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi.

Hartono, Camat Banyuwangi mengatakan, bahwa Pokdarwis adalah kelembagaan ditingkat masyarakat yang anggotanya terdiri dari para pelaku usaha kepariwisataan, dan masyarakat setempat yang memiliki kepedulian dan tanggung jawab serta berperan sebagai penggerak dalam mendukung terciptanya iklim kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya pariwisata.

"Sekaligus terwujudnya Sapta Pesona dalam meningkatkan pembangunan daerah melalui kepariwisataan dan manfaatnya bagi kesejahteraan masyarakat sekitar dari sektor pariwisata," ujarnya.

Selain itu, katanya melanjutkan, juga mengharapkan dukungan dan peran serta dalam meningkatkan pemahaman dan menjaga yang sudah dilakukan teman-teman Pokdarwis maupun Pokmaswas.

Pembinaan Pokdarwis dan Pokmaswas Pawon Jaya Sobo bersama Camat Banyuwangi

"Serta meningkatkan kapasitas dan peran aktif Pokdarwis dalam pembangunan didaerahnya pada sektor pariwisata, khususnya mengembangkan potensi wisata yang ada di daerah secara inovatif," terangnya.

Ia juga menjelaskan, dalam mewujudkan sadar wisata dan Sapta Pesona dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dalam menjalankan kegiatan kepariwisataan di daerah masing-masing.

Melalui pembinaan, ketua Pokdarwis Alvian, berharap nantinya dapat membawa ilmu terkait penguatan kelembagaan Pokdarwis di daerah, dengan tetap bersinergi dengan pemerintah dalam mengembangkan potensi desa wisata.

"Harapan kita, berhasil dengan cara dapat mempromosikan potensi wisata tersebut secara digitalisasi, dan dapat terwujud suatu desa wisata BISA, yakni; Bersih, Indah, Sehat, dan Aman," pungkasnya. 
(Indra)

Post a Comment for "Pembinaan Pokdarwis dan Pokmaswas Pawon Jaya Sobo bersama Camat Banyuwangi"

Mediaku