WANIPEDES

Memimpin dengan Semangat! Bupati Ipuk Menyampaikan Pesan Penting di Upacara Hari Kesehatan Nasional

Pimpin Upacara Hari Kesehatan Nasional, Ini Pesan Bupati Ipuk
Pimpin Upacara Hari Kesehatan Nasional, Ini Pesan Bupati Ipuk
BANYUWANGI | WANIPEDES.ID – Suasana semarak terpancar di halaman Kantor Bupati Banyuwangi saat Pemerintah Kabupaten menggelar upacara megah peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 pada Rabu (22/11/2023). Menariknya, Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, berperan sebagai inspektur upacara yang penuh semangat.


Upacara Hari Kesehatan Nasional yang dihadiri oleh tenaga kesehatan, organisasi profesi kesehatan, akademisi sekolah kesehatan, serta mahasiswa ilmu kesehatan ini juga melibatkan seluruh tenaga kesehatan di puskesmas, klinik, rumah sakit, dan kader posyandu di Kampung Cerdik se-Banyuwangi melalui sambungan virtual.


Ipuk memberikan pengingat penting kepada tenaga kesehatan, menekankan perlunya memberikan pelayanan kesehatan yang berdampak nyata bagi masyarakat. Salah satu fokusnya adalah berperan aktif dalam penanganan kemiskinan.


"Kemiskinan terkait erat dengan masalah kesehatan. Kesehatan yang buruk akan menghambat produktivitas. Oleh karena itu, kita harus menangani stunting sejak dini agar generasi mendatang tumbuh sehat. Begitu pula dengan orang dewasa, kita harus mendorong mereka untuk menjaga kesehatan," ujar Ipuk dengan penuh semangat.


Ipuk terus mendorong para stakeholder kesehatan untuk lebih menekankan upaya promotif dan preventif guna meningkatkan taraf kesehatan masyarakat. Ia juga menekankan pentingnya mengubah paradigma sakit menjadi paradigma sehat melalui optimalisasi program mal orang sehat.


“Kunjungan ke Puskesmas tidak hanya saat sakit, tetapi mari ajak mereka saat sehat untuk cek dan deteksi dini. Petugas kesehatan bahkan dapat aktif mengajak orang yang sehat untuk melakukan deteksi dini," tambah Ipuk.


Bupati Ipuk juga memberikan peringatan kepada para kepala puskesmas untuk segera menindaklanjuti setiap permasalahan kesehatan warga yang muncul, baik melalui media sosial maupun laporan langsung dari masyarakat.


“Kita telah mendeklarasikan 7 masalah yang harus selesai di desa, termasuk di dalamnya adalah tidak boleh ada warga miskin yang tidak dapat berobat, serta tidak boleh ada ibu hamil dan balita yang mengalami stunting dan kurang gizi. Ini menjadi tanggung jawab kita semua, terutama tenaga kesehatan, untuk menyelesaikan permasalahan ini,” tegas Ipuk.


Beliau menegaskan peran strategis yang dimiliki oleh para kepala puskesmas, mengajak mereka untuk bersinergi, berjejaring dengan forpimka dan desa guna melakukan intervensi yang terbaik.


Ipuk juga menggerakkan percepatan transformasi layanan kesehatan untuk meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap fasilitas kesehatan. “Untuk memudahkan warga, saya juga meminta agar seluruh fasilitas layanan kesehatan segera membentuk sistem informasi rujukan terintegrasi agar rujukan dan layanan kepada pasien bisa lebih cepat,” pungkas Ipuk.


Dalam momentum yang penuh semangat tersebut, Bupati Ipuk juga memberikan sejumlah penghargaan kepada insan kesehatan dan penyedia layanan kesehatan yang telah berprestasi. (*)

Post a Comment for "Memimpin dengan Semangat! Bupati Ipuk Menyampaikan Pesan Penting di Upacara Hari Kesehatan Nasional"