WANIPEDES

Sukseskan Pelaksanaan Pemilu 2024, Empat TPS Khusus Akan Hadir di Lapas Banyuwangi

Sukseskan Pelaksanaan Pemilu 2024, Empat TPS Khusus Akan Hadir di Lapas Banyuwangi

Banyuwangi – Pesta demokrasi dalam gelaran Pemilu Serentak tahun 2024 sudah semakin dekat. Selain masyarakat biasa, Warga Binan yang berada di Lembaga Pemasyarakatan juga memiliki hak untuk menyalurkan suaranya.


Untuk menjamin pemenuhan hak tersebut, akan ada empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banyuwangi. Hal itu disampaikan oleh Kepala Lapas Banyuwangi, Agus Wahono, Selasa (16/1).


Agus mengatakan jumlah TPS khusus yang akan disediakan di Lapas Banyuwangi berdasarkan koordinasi dan sinergi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuwangi.


“Sebelumnya telah kami usulkan empat TPS khusus untuk disediakan di Lapas Banyuwangi,” ujarnya.


Permintaan empat TPS itu, menurut Agus, disesuaikan dengan jumlah Warga Binaan di Lapas Banyuwangi yang jumlahnya mencapai lebih dari 900 orang.


“Idealnya pada tiap TPS bisa menampung sekitar 200-300 orang pemilih, karenanya kami usulkan untuk disediakan empat TPS khusus,” tambahnya.


Agus menyebut, jumlah TPS khusus pada Pemilu 2024 mengalami penambahan dibandingkan dengan Pemilu pada tahun 2019 yang hanya terdapat tiga TPS.


Untuk itu, persiapan pelaksanaan Pemilu terus dilakukan, mulai dari pemutakhiran Daftar Pemilih Tetap (DPT), persiapan lokasi TPS, hingga pendaftaran petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).


“Kami sudah mengusulkan nama-nama petugas untuk KPPS, tentunya yang memenuhi persyaratan KPU,” ungkapnya.


Demi kelancaran pelaksanaan pemilu, nantinya juga akan dilakukan simulasi pelaksanaan pemungutan suara. Sehingga setiap tahapan dapat terlaksana dengan baik.( JK )

Post a Comment for "Sukseskan Pelaksanaan Pemilu 2024, Empat TPS Khusus Akan Hadir di Lapas Banyuwangi"