WANIPEDES

Tradisi Bersih Dusun Sumberejo Desa Kepundungan, Masyarakat Melestarikan Kebersamaan Dalam Keragaman Menuju Baldatun Toyyibatun Warobbun Ghofur


Desa Kepundungan Kecamatan Srono Banyuwangi merayakan bersih dusun dengan menggelar acara selamatan atau tumpengan mengusung tema Masyarakat Melestarikan Kebersamaan Dalam Keragaman Menuju Baldatun Toyyibatun Warobbun Ghofur.

Sejumlah warga turut berpartisipasi dalam ritual bersih Dusun yang diadakan pada hari Jum'at tanggal 31 bulan Mey tahun 2024 bertempat di dusun Sumberejo desa Kepundungan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa serta upaya memperoleh perlindungan dan mencari keberkahan dalam kehidupan sehari-hari hingga doa penolak kesialan masyarakat desa.
Dalam acara ritual bersih dusun dihadiri camat Srono" Tri Wahyu Angembani yang di dampingi sekcam Srono" Suryatik, S,E, kepala desa Kepundungan" Baitu Rohim beserta staf dan perangkat desa, Bhabinsa, bhabinkamtibmas, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat serta warga masyarakat desa. Jum'at: 31/05/2024.


Kepala desa Kepundungan" baitu Rohim saat di konfirmasi awak media menjelaskan bahwa sebelum dilaksanakannya acara puncak Bersih Dusun, sejumlah warga melakukan ritual tumpengan atau selamatan yang sertai doa bersama yang dipimpin oleh sesepuh desa dengan tujuan memohon kepada Tuhan agar seluruh warga senantiasa diberikan perlindungan dan keberkahan dalam menjalani rutinitas sehari-hari.
Prosesi tumpengan ini memiliki makna sebagai simbol pembersihan dusun sekaligus doa tolak bala, dengan harapan agar seluruh warga Desa Kepundungan dijauhkan dari segala macam mara bahaya setelah itu acara dilanjud pengajian Akbar yang di gelar nanti malam, besok lomba gerak jalan, malamnya pagelaran wayang kulit semalam suntuk di gelar pada malam terakhir prosesi ritual bersih dusun. Ucap kades"

Baitu Rohim menambahkan bersih desa diadakan setiap dusun,
"Alhamdulillah, setiap tahun, acara seperti ini selalu diperingati warga dusun yang sudah turun temurun di desa Kepundungan, sementara dusun Kepundungan sudah selesai mengadakan ritual bersih dusun dan hari ini dusun Sumberejo, kemungkinan selanjutnya dusun pekulo, karena desa Kepundungan terdiri dari tiga dusun. Ungkapnya"

Dengan harapan ke-depan Semoga seluruh warga masyarakat desa Kepundungan selalu mendapat perlindungan dan keberkahan yang melimpah," doa kades". (Y)

Post a Comment for "Tradisi Bersih Dusun Sumberejo Desa Kepundungan, Masyarakat Melestarikan Kebersamaan Dalam Keragaman Menuju Baldatun Toyyibatun Warobbun Ghofur"

Mediaku